Home   •   PSG Bogor

PSG Bogor

Ikatan Keluarga Istimewa Bogor (PSG Bogor)

 

Pada tgl 19 Juni 2005, PSG di Bogor telah sepakat untuk membentuk suatu wadah yaitu Ikatan Keluarga Istimewa (IKI). Wadah tsb. dibentuk dengan tujuan membantu, mencarikan tempat terapi, membantu mencarikan sekolah, ikut pameran hasil karya anak2, dll.

Pembentukan Ikatan Keluarga Istimewa itu disebut dengan Deklarasi Lido 19 Juni 2005, dengan menentukan pertemuan pertama akan dilakukan pada tanggal 24 Juli 2005.

Berikut laporan kegiatan Pertemuan IKI Bogor yang pertama tsb.

Beserta Foto-foto dan keterangannya, di bagian paling bawah.

------------------------------------

From: "Adjeng Pradipto"

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Pertemuan IKI Bogor 24 Juli 2005

Dear all,

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada Bu Leny yg telah menyumbangkan 200 buah buku "Bunga Rampai Seputar Autisma dan Permasalahannya", kami telah terima dengan baik. Pertemuan II IKI Bogor 24 Juli 2005 berjalan dengan lancar.

Acara pertama dibuka pukul 09.30 dibuat sedemikian rupa, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, yaitu terapi berkuda untuk anak-anak. Sebelumnya ada sambutan singkat dari Dekan FKH dan penanggung jawab terapi berkuda (dari pihak FKH juga), mengenai pentingnya terapi berkuda bagi anak-anak penyandang autistik. Anak- anak mulai melakukan terapi sesuai dengan nomor urut kedatangan. Jumlah kuda yg akan digunakan terapi ada 3 ekor. Kebetulan nomor urut Ikhsan nomor 8, melihat teman2nya sudah menunggang kuda lebih dulu, sepertinya Ikhsan sudah tak sabar. Saat akan menaiki kuda, si anak dibimbing oleh 2 orang petugas (1 orang mahasiswi FKH, 1 lagi petugas dari FKH), si anak diajarkan untuk menyapa kuda dan mengelus badan kuda, baru anak menaiki sadel kuda. Untuk awalnya, si anak dibawa keliling halaman/ lapangan (berpagar) sambil diajak ngobrol, kira2 2 kali putaran, bila anak semakin tenang, dilanjut dengan keliling Kampus FKH (yang luas!). Karena belajar sabar antri, maka ketika giliran Ikhsan, agak sulit (merajuk kali ya??), Ikhsan bilang: Ga ah .. Ga ah..barangkali gengsi tapi dari raut wajahnya terlihat ingin naik. Akhirnya Ikhsan naik juga, didampingi ayah. Ini merupakan kali keempat Ikhsan naik kuda, 2x di Wisata Agro Gunung Mas Puncak dan 1x ketika menginap di Cipanas Cianjur. Jadi setelah 2 putaran keliling halaman berpagar, Ikhsan bilang: babay mama .... tetap didampingi ayah (jadi pendampingnya ada 3 orang). Lama terapi sekitar 45 menit dan biayanya Rp.40.000,-. Untuk selanjutnya akan dibuat kerja sama antara IKI dgn FKH IPB dan dibuat acara (terapi) rutin. Alhamdulillah, karena kalau kami baca di milis ini, tempat terapi berkuda jaraknya cukup jauh, yaitu di Pamulang atau di Pulo Mas Jakarta.

Setelah semua anak dapat giliran (ada 10 anak), acara selanjutnya:

- laporan Deklarasi Lido 19 Juni 2005 dan pemutaran film di Lido

- pendaftaran keanggotaan IKI berikut dibagikannya Buku "Bunga Rampai".

- penyusunan AD/ART dan pembentukan struktur organisasi IKI.

Jumlah orang tua yg hadir memang tidak sebanyak saat di Lido, yaitu kurang lebih 25 orang. Kemudian acara terakhir makan siang bersama. Selama orang tua melakukan acara di atas, anak2 juga bikin acara lain: menggambar, mewarnai, lomba bakiak, lomba duduk di atas mediball, dll; dengan dibantu para terapis dan helper yg menjadi anggota IKI.

Kepada Bu Leny dan Pak Yudi, kami mohon maaf baru bikin laporan pandangan mata, karena minggu lalu adalah minggu pertama anak2 masuk sekolah. Lumayan repot juga. Ikhsan agak lama beradaptasi dgn kelas barunya, karena sahabatnya di kelas A dipisahkan kelasnya. Lucunya, pada hari pertama Ikhsan masuk ke kelas sahabatnya...sementara hari Selasa sampai Jum'at Ikhsan bawaannya marah2 terus. Mungkin dampak dari dibaurkannya kelas, Ikhsan harus menjalin pertemanan dgn teman2 baru (walau ada juga teman lamanya).

Demikian laporan kami (maaf kalau terlalu panjang).

Maaf, koreksi/tambahan sedikit;

- Acara minggu lalu, resmi dibuka oleh wakil dekan Fak. Kedokteran Hewan (FKH) IPB; DR drh. I Wayan Teguh Wibawan MS.

- Nama lengkap kegiatan; Klub Berkuda FKH IPB.

- Info lebih jauh/jika ada yang tertarik mengenai terapi berkuda di FKH-IPB dapat diperoleh dari Penanggung jawab Klub: drh Ananta; 0852- 17081885.

- Visi IKI yang tercantum dalam draft Anggaran Dasar adalah; Terapainya kemandirian warga istimewa (=penyandang autis) dalam kehidupan sehari-hari ditengah masyarakat.

- Misi dari IKI ;

(1) Memberikan pelayanan, perhatian, pengawasan dan perlindungan kepada warga istimewa (=penyandang autis) dalam kehidupan bermasayrakat, bernegara dan berbangsa

(2) menjamin terpenuhinya kebutuhan pendidikan yang layak bagi warga istimewa

(3) menjamin diperlehnya kesamaan hak dan kewjaiban warga istmewa dalam kehidupan bermasyarkat, bernegara dan berbangsa.

Terimakasih.

Salam,

adjeng/Bogor

---------

Ibu Leny yth,

Berikut saya kirimkan foto2 di acara minggu lalu; terapi berkuda anak autis dan pembahasan

draft AD/ART IKI;

 

Foto-1.

Pembukaan acara oleh DR drh. I Wayan Teguh Wibawan MS. (Wakil Dekan FKH IPB). Berdiri disampingnya: Ibu Upik Hadi (Ketua IKI) dan drh Ananta (Penanggung Jawab Klub berkudah FKH IP

 

 

Foto-2 s/d 4

Kegiatan berkuda anak2 penyandang autis. Keliatan ekspresinya sudah pada enjoy.

 

Foto- 5.

Pembagian buku dari Bu Leny; Seputar Autis dan Permasalahannya, kepada sebagian anggota.