Home   •   Saran dan Informasi mengenai Terapi Autisme

Saran dan Informasi mengenai Terapi Autisme

Rekan-rekan Milis yang terhormat,

Akhir-akhir ini saya melihat dan mendapat informasi adanya Penawaran TERAPI yang dilakukan oleh rekan milis dan ditujukan kepada sesama rekan milis Puterakembara, baik secara terbuka melalui Milis maupun langsung ke email pribadi rekan milis.

Kepada seluruh rekan milis, ingin kami ingatkan kembali, bahwa sampai saat ini Tata Cara Posting Milis Puterakembara masih tetap seperti pada saat Bapak/Ibu diregistrasi pertama kali (Mohon dilihat kembali Surat Pemberitahuan saya yang pertama).

Bahwa untuk pemuatan posting yang berupa Informasi adanya Seminar/Pelatihan/dll, masih tetap HARUS ditanyakan dahulu kepada saya SEBELUM DIPOSTING/DIMUAT, melalui email pribadi /webmaster.

Khusus untuk Penawaran TERAPI (baik melalui Milis ataupun via Japri), ada beberapa Informasi dan Saran yang ingin saya sampaikan sbb :

Penawaran-penawaran tersebut BUKAN atas rekomendasi Puterakembara.
Sebagai Pengelola Puterakembara, saya menyarankan pada rekan milis yang mungkin sudah, sedang dan akan menerima penawaran-penawaran serupa, agar :

mencari informasi atau mohon saran dari sesama orang tua/rekan milis yang mungkin lebih berpengalaman. Saling kontak dan berbagi pengalaman di antara sesama orang tua/rekan milis sangat penting.
Mencari tahu kualitas Pusat Terapi yang memberikan penawaran tersebut, misalnya melalui pengamatan program atau wawancara dengan Pengelolanya.
Ada beberapa Ciri pusat terapi/terapis yang baik antara lain : terbuka, tidak mengatakan "bisa segalanya", selalu melibatkan orang tua, memperbolehkan orang tua merancang program bersama-sama (ada urun rembuknya), dan mau menerima masukan.
Jika ada pusat terapi/terapis yang dapat melayani sampai ke daerah terpencil (di luar Pulau) atau punya banyak cabang dimana-mana, maka perlu dipertimbangkan sampai di mana pengawasan kualitas masing-masing cabang. Pengawasan yang baik tidak dapat dilakukan melalui telpon atau email. Mengingat yang ditawarkan adalah program penanganan anak autistik yang penanganannya harus DILIHAT langsung prosesnya.

Sebaiknya orang tua lebih banyak belajar mengenai tata cara terapi sehingga tidak tergantung pada pihak ketiga dalam monitoring dan evaluasi.

Informasi dan saran di atas kami sampaikan semata-mata untuk membantu para orang tua dalam memilih TERAPI yang tepat dan baik, tanpa keinginan untuk men-diskreditkan Pusat Terapi atau para Terapis

Salam,
Leny Marijani